“Insya Allah…”

Seringkali kita bisa menilai kepribadian atau intelektualitas seseorang dari kemampuan atau kebiasaan mereka memilih kata ketika berbicara. Sehingga kendala dalam berkomunikasi acap kali ditemui pada dua orang dengan intelektualitas, kecerdasan, wawasan, tingkat pendidikan, atau latar belakang berbeda, meski keduanya menggunakan bahasa yang sama. Dan jika ini terjadi, muncullah konflik, kerenggangan hubungan karena kesalahpahaman. Karenanya, kemampuan…

Komitmen dan Komunitas

Seorang teman mengeluhkan kesulitannya untuk menghafal al quran. Baginya, seolah menghafal quran begitu berat dan tidak mungkin ia mampu lakukan. Sama seperti saya sebenarnya, apalagi kalo pas lagi banyak ma’siyat dan futur, bawaannya malees terus. Teman saya yang lain lagi, yang hafalannya sudah lebih banyak dari saya mengeluh juga, karena kini untuk menambah hafalannya ia…

Siapapun Wakilnya yang penting dari ….

Saat melintas di perempatan ringroad timur dari arah Kota Gede, mata saya spontan tertarik dengan papan reklame sebuah partai politik di sebelah timur ring road. Hal yang membuat saya tertarik karena iklan dan muatan iklannya sangat berbeda dari iklan-iklan kampanye pada umumnya. Umumnya, di sepanjang jalan-jalan di Jogja selain penuh dengan bendera-bendera partai yang terpasang…